Kamis, 24 Juli 2008

Bukan banyaknya pertemuan, tapi kualitasnya

Semenjak menjadi walikota Bandung, waktu memang tidak terlalu bersahabat untuk Kang Dada dan keluarganya. Dan Sepertinya keluarga kang Dada tahu benar atas peranan dan resiko kepala keluarganya yang menjadi orang nomor satu di kota Bandung ini.

Tapi bukan berarti kang Dada hanya larut dalam kesibukannya. Disinilah ia menunjukkan sebuah strategi waktu yang baik , betapapun padatya pekerjaan tapi keluarga adalah bagian terpenting dalam hidupnya. Dan Kang Dada selalu punya cara untuk ada dekat dengan keluarganya. Keukeu Kaniawati Rosada atau akrab dipanggil Keukeu—putri pertama kang Dada—bercerita, bahwa kang Dada adalah seorang figur Bapak yang selalu ingin dekat dengan keluarga. Bahkan disela-sela jadwal kang Dada yang sangat padat untuk menghadiri sejumlah acara, kunjungan, dan rapat kerja, kang Dada senantiasa menyempatkan diri untuk tetap bertemu dan bercengkrama dengan keluarganya. Bisa jadi momen itu adalah disaat makan siang, makan malam atau waktu-waktu yang tidak bisa ditentukan. “Bukan banyaknya pertemuan, tapi kualitasnya..” begitu kata Keukeu memaknai arti pertemuan bersama Bapaknya

Keukeu sadar betul bahwa bertemu Bapak adalah sebuah waktu yang berharga. Karenanya ia selalu menikmati dimanapun dan kapanpun kesempatan itu. Menurut Keukeu, meski lelah Bapak selalu terlihat ceria bersama keluarga, ia juga jarang sekali mengeluh. Bahkan Ia tidak pernah membicarakan masalah pekerjaan ketika sedang bersama keluarganya . it’s a big no no.. Sepertinya itulah yang menjadikan waktu pertemuan dengan keluarganya menjadi berkualitas.

Memang betul apa kata orang bijak, Penilaian seorang pemimpin bisa dilihat dari hal terkecil. Salah satunya adalah penilaian terhadap cara memimpin komunitas terkecil dikehidupan, yaitu keluarga. Jika dalam memimpin keluarga sudah baik, maka diluar pun hasilnya akan seperti itu. Sepertinya Inilah sebuah kunci sukses kang Dada yang tidak hanya mampu memimpin kota Bandung, tapi juga keluarga tercintanya agar selalu berada dekat dihati..

Tidak ada komentar: