Jumat, 25 Juli 2008

Kembangkan terus Industri Kreatif dalam Bandung Kota Seni 2008



Apakah Anda pernah menyadari banyaknya industri kreatif yang sekarang menjamur di Kota Bandung?
Kita bisa menemui beragam industri yang mencakup fesyen, periklanan, desain, kerajinan tangan, musik, arsitektur, seni pertunjukan, dan sebagainya. Perkembangan industri kreatif di Kota Bandung terus meningkat sejak tahun 2002 lalu dengan pertumbuhan 13,5% per tahun (2001-2005). Peningkatan ini membawa angin segar bagi iklim industri di Kota Bandung dan menambah pemasukan investasi Kota Bandung.



Pesatnya pertumbuhan industri kreatif ini disadari Kang Dada sebagai sebuah sinyal positif untuk pengembangan seni budaya Kota Bandung. Mengapa? Sebagian besar industri kreatif yang ada bergerak di bidang seni dan budaya seperti kriya, musik, film, dan sebagainya. Untuk itulah sayap-sayap perluasan industri kreatif harus terus dilebarkan. Pengembangan industri kreatif nantinya dapat menunjang pengembangan pariwisata di Kota Bandung.


Menurut Kang Dada, pengembangan teknologi tepat guna untuk industri kreatif dapat memperbesar potensi industri kreatif yang ada saat ini. Maksudnya, sistem produksi yang ada sekarang harus didukung dengan teknologi yang efisien untuk menghasilkan produk-produk berkualitas tinggi dengan skala yang banyak. Kang Dada juga akan mengembangkan klinik desain, yang membidani ide-ide kreatif dalam industri desain. Konsep klinik ini menjadi sebuah upaya konkrit untuk membina industri-industri kreatif baru agar bisa tumbuh cepat dan progresif. Seluruh upaya ini terangkum dalam program "Bandung Kota Seni 2008".

Tidak ada komentar: